Minggu, 23 Juli 2023

FIELD TRIP BDP IPB; BLUPPB Karawang!

FIELD TRIP

BLUPPB Karawang, Jawa Barat!

Gambar 1 BDP 56 di BLUPPB Karawang

Hai! Aku balik lagi. Semoga kalian sehat selaluu...
Sesuai dengan judul, aku akan mengajak kalian flashback ke Karawang tanggal 19 November 2022!

Gelapnya pagi, hawa dingin, dan bulan yang masih belum digantikan matahari;
Rombongan mahasiswa BDP IPB 56 bersiap untuk field tripπŸŒƒ

Empat bus dan satu mobil menjadi moda transportasi kami dari Kampus IPB University, Dramaga menuju BLUPPB Karawang. Setelah sholat subuh, presensi, brifing, berdoa, dan pembagian bis, kami siap menempuh perjalanan. Aku masuk bis 3! Beruntung, aku masuk ketika bis masih kosong sehingga bisa memilih tempat duduk di dekat jendela dan pintu, STRATEGIS untuk bersender dan lekas turun ketika di rest area! kalian bisa menerapkan tipsku ini hahaπŸ‘Œ

Perjalanan memakan waktu 5 jam, cukup lama kan! Beberapa dari kami memutuskan untuk melanjutkan tidur yang sempat terputus. Aku pun tidur!

2 jam berikutnya~

Bus kami berhenti di rest area, memberi kesempatan teman-teman untuk ke toilet dan mengisi perut. Aku turun dari bis, memakan camilan, dan mendapatkan bakwan! Ada temanku yang beli bakwan hangat!! enak sekalii cocok dengan cuaca mendung kala itu. Setelah 30 menit, bis melaju kembali.

Kami tidur lagi~

Menjelang Dhuhur, akhirnya kami tiba di BLUPPB Karawang!

Kami turun, menunggu arahan selanjutnya, lalu masuk ke aula untuk makan pagi dan menyimak pemaparan dari pihak balai.

Gambar 2 Perjalanan ke BLUPPB Karawang dan slide pemaparan dari pihak balai

Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang merupakan unit pelaksana teknis di bidang layanan usaha produksi perikanan budidaya yang berada di bawah tanggung jawab Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementrian Kelautan dan Perikanan.
Kami disambut oleh Bapak Surya Laga di Aula Made L Nurdjana.
    BLUPPB Karawang memiliki beberapa komoditas, yaitu: udang vaname, lele, nila, patin, bandeng, kerapu, kakap putih, dan pembuatan pakan mandiri. Ketika field trip kemarin, rombongan kami fokus pada komoditas udang vaname.
    Setelah itu, kami beranjak mengunjungi kawasan budidaya udang vaname sistem bioflok dan tambak. Kami dibagi menjadi beberapa kloter sesuai dengan pembagian bis. Timku mendapatkan bagian untuk berkunjung ke Bak bioflok terlebih dahulu. Wah saat itu cuaca sangatt terik tetapi cukup berangin!!🌞 Dari aula ke lokasi bak bioflok cukup berjalan kaki sajaa. Akan tetapi, untuk ke lokasi tambak kami naik bis lagi.

Rute: Aula-Petak bioflok-Aula-Naik Bis-Tambak Blok J

Gambar 3 Kunjungan ke bak bioflok

Di petak bioflok kami berdiskusi dan bertanya mengenai manajemen petak bioflok, ukuran komoditas, dan sistem pemberian pakan dengan pekerja disana. Kami juga diajak berkeliling ke beberapa petak lain untuk melihat proses filter air laut.

Gambar 4 Kunjungan ke petak Tambak Blok J

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke tambak blok J. Selama perjalanan kami melihat banyak petak tambak yang tidak aktif, beberapa diantaranya milik warga sekitar.
Di tambak blok J kami berdiskusi, mengobservasi, dan mewawancarai petugas disana. Waktu diskusi kurang lebih hampir 1 jam. Sesi di tambak blok J ditutup dengan foto bersama, ciss!πŸ“Έ
    Kami kembali ke Aula untuk ishoma. Kami sholat di masjid dekat gerbang BLUPPB Karawang. Ada warung es cekek, aku dan beberapa temanku mampir untuk membeli sekalian berbincang dengan ibu penjualnya. Karena keasikan ngobrol, kami terlambat masuk Aula yang pada saat itu tengah persiapan kuis! (jangan ditiru)
field trip ada kuis? Ada donggg!!!

Gambar 5 Es cekek dan Masjid BLUPPB Karawang

Kami berlari dari masjid ke Aula, beruntung kuis belum dimulaii. Dengan segera kami menyiapkan kertas dan bolpoin lalu mendengarkan soal kuis yang didekte oleh asisten dengan khidmat!πŸ˜‚
Setelah kuis, kami berfoto bersama pihak balai-berpamitan-mengambil konsumsi sore-dan naik bis!!🚌

Gambar 6 Dokumentasi sebelum pulang

Karena sudah kepalang keluar dari balai, kami menikmati makan sore di atas biss selama perjalanan pulang! Ada hal lucu dan menarik, ketika kami melewati perkampungan banyak anak-anak yang antusias melihat rombongan bis. Mereka melambaikan tangan sambil teriak DADAAA DADAAA lucu sekaliii kami refleks ikut melambaikan tangan dan ikut tertawaa! mereka KEGIRANGAN πŸ‘‹πŸ˜‚!!!
Kami berhenti sejenak di rest area dan tiba di Kampus pukul 11 malam!

Nahh, itu dia keseruan FieldTrip Ke BLUPPB Karawang!

Menurutku kegiatan paling seru selama field trip di BLUPPB karawang adalah naik bis selama perjalanan (karena aku suka perjalanan yang lamaaa), ke tambak secara langsung, dan berbincang dengan teman-teman!

Semoga akan ada pengalaman seru lainnya di kesempatan berikutnya!!

Bai baii, sampai jumpa di part 3!

*Spoiler: makan sidat pertama kali!!!