Jumat, 30 Juni 2023

FIELD TRIP BDP IPB; Keramba Jaring Apung Kepulauan Seribu!

FIELD TRIP! Pulau Kelapa Dua,

Kepulauan Seribu

Gambar 1. Kloter 4 di atas KJA

Kuliah offline ngga lepas dengan kunjungan lapang aka Field Trip
Sesuai judul, kumpulan kata tersebut bisa menggambarkan serunya perkuliahan semester 7 kemarin. Hehe, aku flashback karena baru inget ternyata cuma ada beberapa dokumentasi yang aku upload ke akun sosmed dan sebagain (banyak) lainnya masih teronggok di galeri HP.

So,,, aku bakal kilas balik dan berkisah tentang FIRST TIME Ke Kepulauan Seribu, naik bis IPB, ke Karawang, dan makan SIDAT!!!

Kilas balik bakal aku bagi jadi tiga part, yaitu ke :

1. Kepulauan Seribu
  2. BLUPPB Karawang
  3. Sidat Labas

Part kali ini, aku akan berkisah dan mengajak kalian ke Kepulauan Seribu secara virtual. Selamat membaca dan mengamati dokumentasikuu!

Pergi ke Kepulauan Seribu

Wushh--berlayar ke bulan September 2022--๐Ÿšข

Tanggal 24-25 September 2022 kemarin, aku dan teman sedepartemen mendapat kesempatan berkunjung ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Kelapa Dua dalam rangka Field Trip praktikum Marine Culture! kami berangkat paling akhir (kloter 4), field trip dibagi menjadi 4 kloter karena keterbatasan tempat penginapan dan bersamaan dengan mega proker jurusan (Tau kaann apaaa?) YUP Aquafest ๐ŸŸ!

Gambar 2. Pemberangkatan field trip

Kami berkumpul di kampus (IPB Dramaga) pukul 2 pagi. Selain angkatan kami, ada pula beberapa asisten yang akan mendampingi selama kegiatan Field trip berlangsung. Sebelum berangkat, kami diberikan arahan dan briefing terlebih dahulu demi kelancaran kegiatan.

Waktu sudah menunjukkan pukul 3, kami bergegas melakukan mobilitas ke St.Bogor dengan bermodakan kendaraan pribadi. Setelah semua berkumpul dan jadwal KRL pertama telah aktif, kami melanjutkan perjalanan dengan menaiki KRL ke St. Jakarta Kota. Perjalanan dari St. Bogor ke St. Jakarta Kota membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam ๐ŸšŠ. Kejadian lucu selama perjalanan adalah, kami serombongan memakai life jacket berwarna oren yang sangat mencolok dan cukup menarik perhatian beberapa orang yang kami temui (haha rombongan oren-oren ). Kami tiba pukul set 6 pagi, dan dilanjutkan dengan sholat subuh bergantian.

Setelah beribadah, para asisten menginstruksikan kami untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara dengan memesan taksi online. Kami tiba di pelabuhan pukul 8 pagi, waktu keberangkatan kapal masih cukup lama sehingga kami menyempatkan diri untuk sarapan. Oiya, tiket kapal telah kami pesan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kehabisan tiket.

Kapal telah tiba, kami antre untuk masuk dermaga. Kapal yang kami naiki adalah "Melati Express". Aku duduk di sisi kanan kapal bersama dengan dua teman sekelompok (Ita dan Shofa). Perjalanan naik kapal cukup lama, hampir 2 jam. Selama perjalanan, aku menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan laut biru Jakarta dengan gedung-gedung tepi lautnya. Kondisi cuaca cerah dan ombak tidak kencang ๐ŸŒŠ๐Ÿšค.

Setelah tiba di dermaga pulau Pramuka, kami pindah ke Kapal yang lebih kecil dengan kapasitas 30 orang sekali muat untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Kelapa Dua. Kapal ini dioperasikan oleh nelayan setempat. Perjalanan ini memakan waktu 15 menit.

Yeay!Finally tiba di Pulau Kelapa Dua.

Gambar 3. Sekaya maritim

Rombongan langsung diarahkan menuju bangunan "Sekaya Maritim", tempat kami menginap selama 2 hari 1 malam. Kami melepas penat terlebih dahulu dan memasukkan barang bawaan. Setelah dirasa tenaga mulai terkumpul, kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) di Pulau Kelapa Dua yang diketuai oleh Pak Mansyur. Lokasi pokdakan dari tempat menginap sangat dekat, cukup melewati gang antar perumahan warga.

Sekilas info mengenai Pokdakan Mandiri yang diketuai oleh Pak Mansyur

Pokdakan mandiri melakukan budidaya beragam jenis komoditas ikan. Pokdakan yang terletak di Pulau Kelapa Dua aktif pada segmentasi pendederan ikan. Ikan yang dibudidayakan ada ikan bawal bintang dan kerapu.

Gambar 4. Kegiatan di Pokdakan Mandiri

Sementara itu, pokdakan ini juga memiliki Keramba Jaring Apung (KJA) yang terletak di perairan sekitar Pulau Kelapa Dua. ha? keramba jaring apung? apa itu shof?? Keramba Jaring Apung ialah wadah budidaya ikan berbentuk kotak yang mengapung di perairan. Bahan dasar wadah ini beragam, ada yang terbuat dari PE (Polyethylen), kayu, bahkan bambu.

Gambar 5. KJA, ikan rucah, dan proses transportasi ikan ke KJA dengan kano

Di KJA ini dilakukan segmentasi budidaya ikan tahap Pembesaran. Ikan yang telah melalui tahap pendederan akan dipindah dari pokdakan ke KJA. Kemarin kami sempat melakukan pemindahan ikan Bawal bintang dari pokdakan ke KJA. Pemindahan dilakukan manual dengan mengguakan Baskom yang diisi air laut dan bermodakan Kano, Seru sekali! Selama di atas kano, air laut diganti secara berkala sebagai aerasi (pemberian udara dan oksigen) secara manual.

Gambar 6. Pemotongan pakan ikan rucah, ikan kobia bakar, main uno

Sebelum memindahkan ikan, ada hal yang perlu disiapkan yaitu pembersihan jaring, pemasangan pemberat jaring (agar jaring tenggelam), dan persiapan pakan (ikan rucah yang telah dipotong kecil-kecil). Kami saling membantu agar pemindahan ikan berlangsung cepat. Ikan yang akan dimasukkan ke KJA dihitung (sampling) dan direndam ke air tawar (shock salinity untuk mencegah penyakit). Setelah memindahkan ikan, kami mengambil ikan COBIA! Ikan dengan harga tinggi (250.000/kg) yang menjadi komoditas mahal di Pokdakan ini!

Hal seru lainnya adalahh kami balik ke pulau dengan BERENANG bersama-sama! Bayangkan berenang di kedalaman 15-20 meter dengan cahaya yang minim karena sudah memasuki waktu maghrib, dasar laut yang ada bulu babi, arus yang aga bergelombang serta suhu air yang mulai dingin. Untungnya kami semua saling menunggu dan berenang bersama dalam kelompok kecil. Oiya KAMI semua memakai Pelampung jadi AMAAANN!!! (sayangnya aku ngga ada dokum berenang bersama inii, kalo kalian ada yg punya boleh japri aku ya!)

Tiba di Pulau Lagi!! Kami segera antrii kamar mandii haha. Setelah mandi, kami menuju Rumah Pak Mansyur untuk makan malam. Makanannya enak dan banyaak! menu makan malam adalah sayur asem, ikan asin, sambal, dan tahu tempe goreng!! Kenyang!๐Ÿฒ๐Ÿ˜‹

Setelah makan, dilanjutkan dengan diskusi dengan pihak pokdakan dan kegiatan malam bebas. Kami bakar-bakar ikan COBIA fresh (2 ekor) tanpa bumbu tambahan. Adapula yang melamun menikmati suasana pulau, memasak Indomie, karaokean, dan bermain UNO!!

Jam 1 pagi, tenaga kami sudah menipis. Kami memutuskan untuk bubar dan segera istirahat๐Ÿ’ค๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ด

Kringg, Drrtt, suara alarm sudah berbunyi๐Ÿ‘พ๐Ÿ’ช

Pukul set 5! Kegiatan diawali dengan sholat subuh di masjid dan perisiapan kunjungan ke penangkaran penyu, teripang, dan hiu.

Gambar 7. Kunjungan ke penangkaran penyu, hiu, dan teripang

Setelah sholat, kami menuju rumah Pak Mansyur untuk sarapan. Kunjungan ke penangkaran penyu ๐Ÿข dan hiu ๐Ÿฆˆ dilakukan secara rombongan. Disana kami bertemu dengan penyu kecil yang lucu dan Gemooy. Penangkaran teripang dan Hiu terletak dalam satu petak. Hiunya berukuran kecil!

Ada kabar gembira, rombongan kami mendapatkan izin untuk berkunjung ke KJA perusahaan pembesaran ikan. Kunjungan ini eksklusif hanya untuk rombongan kami karena 3 rombongan sebelumnya tidak mendapatkan kegiatan ini (ehe). Kami moving dari Pulau Kelapa Dua ke lokasi KJA perusahaan PT. Lucky Samudra Pratama.

Gambar 8. Kunjungan ke PT. Luky Samudera Pratama

Wahhh, satu kata yang aku ucapkan ketika kapal kami bersandar pada KJA perusahaan tersebut. Ada banyak petak KJA yang aktif. Ukuran ikan yang kami temui di perusahaan tersebut lebih besar dari Ikan biasanya. Ada induk ikan kakap berukuran 30 kg, ikan lepu ayamm atau LION FISH BUESAR!! Habis melongo dan melihat ikan yang superbanyak! akhirnya kami pamit dan kembalu ke Bogor!

Kami berlayar ke Pelabuhan muara angke dengan kapal "Harapan"-lalu naik taksi online ke St. Jakarta Kota-Naik KRL-Naik Motor-Balik ke Kos-Bobok!

OIYA, sembari menunggu kapal HARAPAN berangkat, aku dipanggil oleh "Bocah Koin". Mereka meminta dilempar uang dari atas kapal ke laut dan akan diambil dengan berenang/menyelam. Aku dengan senang hati melempar uang ke laut. Kemampuan berenang mereka kereenn, uang yang ku lempar berhasil mereka ambil Dalam Waktu Singkat hahahaha๐ŸŠ๐Ÿ’ฐ๐Ÿ’ธ

Nahh, itu dia keseruan FieldTrip Ke Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Kelapa Dua!

Capekk! Tapi SUPER Seru!!!

Menurutku kegiatan paling seru selama field trip di Kepulauan Seribu adalah naik kano, berjalan di atas KJA, dan Berenang di laut.

Semoga akan ada pengalaman seru lain di kesempatan berikutnya!!